02 November 2011

Cara Menghemat Listrik Komputer

Tags

Cara hemat listrik komputer anda? Jika Anda mencoba untuk menghemat uang dari tagihan listrik, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak listrik yang dikonsumsi komputer anda saat ini? Namun, menemukan jawaban untuk pertanyaan ini bisa menjadi tugas yang agak rumit.
Jumlah listrik yang dikonsumsi komputer tergantung pada jenis peralatan yang Anda miliki dan apa aplikasi yang anda jalankan. Biasanya, jumlah listrik yang dikonsumsi komputer adalah antara 65 watt dan 250 watt. Monitor CRT sering membutuhkan antara 35 watt dan 80 watt listrik. Komputer desktop memiliki label yang berisi berapa banyak listrik yang mereka butuhkan, tetapi ini biasanya teoritis maksimum dan bukan representasi rata-rata.
Seperti yang mungkin Anda harapkan, komputer desktop dengan prosesor lebih cepat menggunakan listrik lebih besar dari komputer dengan prosesor lebih lambat. LCD monitor hanya menggunakan sekitar setengah listrik monitor CRT berukuran sama. Aksesoris dan peripheral seperti modem kabel, router, atau Webcam berkontribusi untuk peningkatan dalam banyaknya listrik yang dikonsumsi komputer.
Terlepas dari apa jenis komputer Anda, jenis pekerjaan yang Anda lakukan pada komputer akan membuat perbedaan dalam konsumsi listrik. Menggunakan komputer untuk mengedit gambar digital, desain website, atau bermain video game menggunakan listrik lebih besar dari membaca email atau menyelesaikan tugas-tugas pengolah kata sederhana. Selain itu, jumlah listrik yang dikonsumsi komputer secara signifikan akan meningkat ketika terhubung ke Internet.
Salah satu kesalahpahaman umum tentang jumlah listrik yang dikonsumsi komputer adalah bahwa menggunakan screensaver menghemat uang. Screensaver tidak menggunakan lebih sedikit energi. Screensaver adalah serangkaian gambar bergerak bertujuan untuk melindungi layar dari gambar statis.
Jika Anda khawatir tentang tagihan listrik yang tinggi, pilihan yang lebih baik adalah menggunakan modus stand by bila komputer tidak sedang digunakan. Dalam modus stand by, komputer menggunakan sekitar 6 watt listrik dan konsumsi listrik monitor turun menjadi hampir tidak ada. Tentu saja yang paling murah adalah matikan komputer saat tidak digunakan.
Meskipun banyak orang lebih memilih laptop karena alasan kenyamanan, menarik untuk dicatat bahwa laptop juga bisa merupakan cara menghemat energi yang signifikan. Kebanyakan laptop menggunakan antara 15 watt dan 45 watt listrik. Beralih ke laptop mungkin menjadi keputusan cerdas jika Anda khawatir tentang berapa banyak tagihan listrik di rumah anda. Itulah Cara hemat listrik komputer anda.

semoga Tips Dan Trik Komputer di blog Edy Sant bermanffaat (^_^)

Artikel Terkait

15 komentar

thanks sahabat artikelnya sangat membantu, salam

waaa, makasih infonya bro, ini nih yg saya cari-cari.. bisa menghemat uang nih, sisanya bisa ditabung dhe' ... :D

@Warna Tulisan oke gan makasih dah mau mampir di blog sederhana ini

@Shinobi Caemk wahh semoga uang kita tambah banyak dengan hemat gan hhe

wah..ane kagak punya komputer gan gimana donk.. :|

beralih ke laptop ya bro :-o kayaknya cukup sulit itu sob sarannya :))

@Farixsantips hahaha ia gan susahlah ane jg kagak punya laptop hehe

terus terang kadang2 komputer ane 24 jam idup teruuusss...
hahahaa..

kayaknya g bisa deh hemat listriikk... hahaaa :P

@PersadaBlog ya belajar donk gan mulai sekarang hehehe karna listrik itu mahal gan hehe kan pemerintah dah bilang ke kita supaya hemat listrik :-D

ingin sangat sy butuhkan sobat, soalnya tegangan listrik dirumah gak mencukupi sob, jika ingin menyalakan komputer, maka harus mematikan beberapa peralatan elektronik lainnya sob...

iklan sudah di kiss sob,, jgn lupa kiss balik,,, ^_^

@Asis Sugianto naikin ajategangannya gan kan skrg gratis hhe ;;)

wah jadi mikir2 nih apa mesti pake komputer atw laptop buat bisa hemat tagihan bulanan...
makasi gan infonya.. :)

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon