07 Maret 2015

Cara Cepat Meredakan Kaki Pegal

Merasakan pegal di kaki biasanya terjadi karena aktifitas yang begitu padat, terlebih jika sering menggunakan sepatu bertumit tinggi (high heels). Jangan anggap remeh rasa pegal dikaki karena jika dibiarkan saja itu akan berdampak buruk bagi kesehatan dan perlu mendapatkan penanganan yang lebih khusus. Katy Bowman, pakar gerakan manusia dan pencipta serial DVD 'Alligned and Well' menyatakan ada cara mudah untuk meredakan ketegangan pada otot kaki. Empat gerakan peregangan otot kaki yang disarankan oleh Katy Bowman begitu efektif untuk meredakan pegal dikaki, berikut gerakannya.. 

Empat gerakan yang di muat dalam "Real Simple" untuk meredakan pegal dikaki
Gerakan 1 : Peregangan Dinding
Berbaring telentang dengan tubuh bagian bawah Anda beberapa sentimeter dari dinding dan lengan Anda terentang keluar. Tempatkan tumit di dinding dengan kaki melebar membentuk V. Anda akan merasakan tarikan lembut di paha bagian dalam Anda. Penggunaan sepatu akan membebani lengkungan kaki dan peregangan ini dapat merilekskan mereka. Ditambah, mengangkat kaki mengurangi pembengkakan pada bagian betis.

Gerakan 2: peregangan otot kaki 
Duduklah di lantai menghadap dinding dengan kaki Anda lurus dan telapak kaki rata di dinding. Duduk di atas bantal agar lebih nyaman. Luruskan tangan ke depan sejauh yang Anda bisa untuk meregangkan dan memperpanjang otot betis dan paha belakang. Sebab, memakai sepatu bertumit tinggi membuat otot kaki mengencang.

Gerakan 3: peregangan kaki 
Berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Angkat dan arahkan jari-jari kaki kiri ke bawah sehingga menyentuh lantai. Anda harus merasakan peregangan di bagian atas kaki, tahan semenit. Lalu, lakukan dengan kaki sebaliknya.

Gerakan 4: peregangan jari kaki 
Duduklah di kursi dengan kaki kanan di atas paha kaki kiri. Masukan jari-jari tangan kiri kanan ke semua celah jari kaki kanan. Fokuskan untuk menyebarkan semua jari-jari kaki sejauh mungkin. Jangan menarik jari-jari kaki ke atas maupun ke bawah. Tahan sebentar. Setelah selesai, ganti ke kaki sebelahnya.

Selain 4 gerakan diatas masih ada lagi cara cepat untuk meredakan pegal dikaki seperti yang telah saya coba sendiri dan hasilnya cukup memuaskan.
  • Tukarlah sepatu yang biasa Anda gunakan. Setiap jenis sepatu memberikan penyokong kaki yang berbeda-beda, lengkungan dan bentuk sepatu yang tepat bisa mengurangi rasa sakit pada kaki jika digunakan dalam waktu yang lama.
  • Angkat kaki Anda ke atas untuk menghilangkan tekanan yang ada. Dengan mengangkat kaki setinggi 3 sampai 4 inci (7 sampai 10 cm) dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan sakit di kaki. Anda bisa melakukan ini di kasur sambil tidur.
  • Rendam kaki dalam air hangat dan tambahkan sedikit garam. Air hangat yang bercampur dengan garam bisa membuat otot-otot kaki menjadi lebih rileks. Jika ingin benar-benar membuat kaki rileks bisa juga ditambahkan daun pepermint beberapa lembar.
Sumber lain menyarankan memasukkan beberapa butir kelereng didalam baskom yang berisi air hangat tersebut, lalu putar mutarlah kelereng dengan telapak kaki anda, ini akan memberikan efek memijat, sehingga kaki menjadi lebih rilex.

  • Pijat telapak kaki untuk menghilangkan rasa lelah. Sebaiknya pemijatan difokuskan pada bagian yang paling sakit agar manfaat dari pijat itu sendiri benar-benar maksimal. Pemijatan ini bisa menggunakan minyak esensial atau pelembab kulit.
  • Gunakan kaus kaki yang terbuat dari katun. Setelah Anda melakukan beberapa langkah tersebut, gunakanlah kaus kaki yang lembut selama Anda tidur dan saat bangun nanti rasa lelah tersebut akan hilang dan kaki menjadi lebih lembut.
  •  Tips yang terakhir adaah saran dari bu Stefi di jogokarya denagn menggunakan nasi yang diremas-remas, diberi garam sedikit, dan diberi air sedikit. Oles-oleskan bahan-bahan tadi ke bagian kaki yang pegal-pegal. Pakailah menjelang tidur.
Penyebab nyeri dan pegal pada kaki ada banyak. Bisa karena neuropati perifer, yang biasanya disebabkan kurangnya nutrisi untuk persarafan dan Bisa juga suatu radang sendi apalagi bila nyeri dirasa di persendian.Asam urat masuk kategori radang sendi, namun biasanya terjadi di ujung jari kaki. untuk mengatasi masalah tersebut silahkan memeriksakan diri ke dokter dan cek ke laboratorium untuk memastikan apakah kadar asam urat normal atau tidak.

Artikel Terkait

Contact me Pin : 53D76D87 Hp : 082320008010

This Is The Newest Post

Jgn lupa corat coretnya gan/sist!!!
EmoticonEmoticon