16 Oktober 2011

Membuat Shortcut Program/Aplikasi Dengan Keyboard

Tags

Sedikit sejarah ketika menemukan shortcut ini adalah berasal dari kegaptekanku dulu yg baru mengenal komputer sekitar tahun 2003. Saking gapteknya, setiap kali ingin mengklik atau melakukan apapun pada komputer pasti harus selalu baca dulu setiap menu yang ada atau bahkan kalau perlu menerjemahkannya terlebih dahulu sebelum berani melakukan apapun. Ya, maklumlah karena waktu itu komputerpun masih rental n punya orang, jaditakut kalau kenapa2 :D . Namun setelah punya sendiri tahun 2005, Saya lebih berani melakukan trial dan error, mencoba-coba segala hal, otak atik ini itu dan ingin tahu semua fungsi yang ada pada komputerku itu. Termasuk trik ini Saya temukan sendiri dengan “girangnya” :D .
Ok, langsung aja ke topik. Kita bisa membuat shortcut “seluruh” program (which means entire) yang ada pada komputer kita dengan mudah. Umumnya shortcut dibuat dengan menggunakan file shortcut berupa image program tersebutdan disimpan di dekstop kita atau yang ada pada menu “start-all program-shortcut”. Namun Saya sendiri kurang suka menggunakan shortcut dengan file ini karena disamping “bala” mengotori dekstop karena harus menyimpan file shortcut tersebut sebanyak program komputer yg ada. Saya lebih suka menggunakan keyboard instead. Caranya, mari Sobat perhatikan gambar berikut:

Klik Untuk Memperbesar
 Pada menu yang sudah ada pada Start => All Program, sobat tinggal klik kanan pada program yang diinginkan, lalu klik properties, maka akan muncul window seperti nampak pada gambar. Setelah itu klik tab “shortcut”, maka akan muncul tampilan seperti gambar di samping. Nah pada row “shortcut key”, sobat press Ctrl pada Keyboard, maka otomatis akanmuncul “Ctrl + Alt” dan sobat bisa menambahkan kombinasi huruf pada keyboard sesuai yg kita kehendaki. Contoh gambar, untuk program Opera Browser Saya membuat shorcut key-nya dengan kombinasi shortcut “Ctrl + Alt + O”. Selain itu, kombinasi Shortcut key bisa juga menggunakan “Ctrl + Shift + Letter” atau “Ctrl + Alt + Shift + Letter” atau “Ctrl + Shift + Alt +Letter”. Untuk shortcut yg lebih sederhanapun Sobat bisa membuat kombinasinya dengan Number pad, contoh: “Ctrl + 1″ atau “Ctrl + Num*” dan seterusnya. Buatlah shortcut sebanyak-banyaknya tanpa harus menyimpan danmengotori dekstop dengan shortcut, namun buatlah kombinasi shortcut key yang mudah diingat dan tidak menimpa shortcut default bawaan komputer Sobat seperti “Ctrl + Alt + Delete” dan lain-lain.

ya postingan Simple Blog ini semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat di jadikan pembelajaran (^_^)
jangan lupa coret-coretnya. jangan lupa di coba dulu karena saya jupakai cara seperti ini dan berhasil memanggil winamp dengan CTRL + SHIFT + Z :-D

Artikel Terkait

Contact me Pin : 53D76D87 Hp : 082320008010

2 komentar

terimakasih kawan sudah berbagi ilmu yang sangat menarik tentang shortcut :)

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon