29 November 2011

AUTORUN Bukan VIrus

Tags

Mungkin sebagian orang atau manusia di belahan dunia ini udah faham dengan yang namanya file autorun.inf. Tapi saya yakin masih banyak yang belum tahu secara mendalam tentang file ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang masih saja mengatakan bahwa autorun.inf adalah virus.
Kali ini saya bahas apa sebenarnya file autorun.inf itu??. Autorun atau autoplay merupakan fasilitas di sistem operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flash disk dan lainnya dipasang atau dimasukkan di komputer. Sehingga ketika berbagai media tersebut dimasukkan, tanpa kita menjalankan apapun, ada program yang akan otomatis berjalan sendiri.
Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver yang disertakan ketika membeli motherboard / VGA. Tetapi saat ini tidak dipungkiri malah dimanfaatkan sebagai media penyebar virus, terutama melalui flash disk. Apalagi sekarang flash disk sudah menjadi suatu barang yang wajib kita miliki....kebutuham pokok maksud gue.. he heh.
Sedangkan file autorun.inf sendiri merupakan file yang berisi intruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flash disk / CD dimasukkan ke komputer. Intruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file.exe.


STRUKTUR AUTORUN.INF

Autorun.inf hanya berupa tekt file biasa dan bisa dibuka dengan tekt editor seperti notepad. Ada baris-baris kode yang umum dijumpai di dalamnya. Sebenarnya ada beberapa bagian (Key) yang bisa ditulis di autorun, yaitu [Autorun], [content], [ExclusiveContentPaths], [IgnoreContentPaths], dan [DeviceInstall].

MENON-AKTIFKAN AUTORUN


Menekan dan menahan tombol Shift ketika kita memasang / memasukkan Flashdisk/CD-ROM (tidak berjalan di Windows Vista)......ilmu ini saya sadur dari majalah mingguan KOMPUTEK..semoga bermanfaat bagi anda.
hehe...autorun.inf itu bukan virus gan. cuma file eksekutor untuk menjalankan virus. sepanjang virusnya masih ada, file itu tetap akan ada. tapi kalo virusnya udah hilang, keberadaan file itupun ga ada pengaruhnya. ente bisa delete dengan mudah.

jadi sekarang fokus untuk bersihin kompi ente dulu dari biang virusnya. saran ane langkah pertama ente bisa install & scan avast antivirus lewat safe mode.

atau jg AUTORUN bisa di buat oleh SMADAV
Salah satunya memang dari SMADAV, sudah kubuktikan ....biasanya SMADAV otomatis membuat self protection pada FlaskDisk, Memori Card atau Removable, sehingga diharapkan bisa terlindungi dari virus ... Namun tidak adanya update pada antivirus, justru autorun.inf dimanfaatkan oleh virus untuk berlindung dan otomatis jalan jika terhubung dengan Komputer.
Untuk membersihkan, backup dulu file2 penting, kemudian format ulang memori card ... jangan aktifkan SMADAV dulu dan tolak permintaan self protection ....

Artikel Terkait

6 komentar

Setuju banget Sob... autorun bukan virus, tetapi file yang sering digunakan untuk penyebaran virus...

*Sob, link saya segera dipasang ya....
ditunggu neh,,, hehe.... :D

saya heran sobat, avira saya malah membaca file autorun dari smadav sebagai virus,,,

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu yah..
salam

bagus nih, trima kasih atas info na gan
sngat bermanfaat nih.

Tapi kenapa sering kedetect virus ya di Antivir

file autorun selalu yang di jalankan virus, jadi agak susah mana yang virus mana yang bukan

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon