28 September 2011

Membagi/Limit Bandwidth Komputer Satu Jaringan Tanpa Microtik

Membagi Banwidth Secara Adil dengan SoftPerfect Bandwidth Manager
"Arrrrrggggghhh.... Internetnya lola!!", "gamenya lag!!", "Woi, kalo download jangan keroyokan, satu satu!!"
Itu sebagian dari banyak keluhan yang di umpatkan teriakkan para user dari warnet. Sebagai seorang Operator warnet mungkin para blogger sering mendapatkan umpatan. teriakan seperti itu. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan Jaringan Internet menjadi lola, lambat, lag? Banyak hal penyebab jaringan internet menjadi lambat. Salah satunya adalah bandwith, yah bandwith. Sebenarnya apa sih itu bandwith? Ok mari kita ulas
Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.
Nah sekarang kita bahas selanjutnya, bagaimana cara membagi dengan adil, sehingga tidak bentrok antara user satu dengan user lainnya. Sebenarnya banyak cara. Mulai dari membeli sebuah produk yang bernama Mikrotik. Sampai dengan menggunakan software pembagi bandwith.
Semalaman saya mengubek-ubek google untuk mencari software pembagi bandwith ini. Bukan karena saya tidak sanggup untuk membeli. Tapi kalau ada cara yang gampang mengapa menggunakan cara yang susah ?
Akhirnya saya ketemu dengan software SoftPerfect Bandwidth Manager

Oke lah, ga usah banyak panjang lebar untuk memdefenisikan Software ini. kalau mau lebih jelas tentang software ini di gugling saja. karena saya akan memberikan tutorial lengkap mulai dari instalasi sampai cara menggunakannya :)

Instalasi
Sebelum melakukan instalasi, Download terlebih dahulu softwarenya
SoftPerfect Bandwidth Manager


download disni
http://adf.ly/2wK80

Setelah selesai mendownload. Kita lanjut ke tahap instalasi. Proses instalasi kita gunakan untuk 2 tahap. pertama di komputer User dan satu lagi di Komputer server.


1. Instalasi di Komputer User

Setelah seleasai mendownload dan mengekstrak file. Kita akan mendapati 2 buah file
Klik ganda bmwsetup.exe

 Kemudian next, next, sampai dengan tahap restart. Kita harus merestart komputer.

2. Instalasi di Komputer Server
Tahapannya hampir sama dengan instalasi di Komputer user
bedanya hanya
 Next, next dan restart.

Pengaturan Bandewith
Setelah Proses instalasi di Komputer User dan Server selesai.
Buka Program SoftPerfect Bandwidth Manager di Komputer Server. Tapi sebelumnya harus diingat firewall di Komputer User harus dimatikan, agar tidak terjadi peringatan seperti ini
 Setelah SoftPerfect Bandwidth Manager dibuka akan tampak tampilan seperti ini
 Isi IP Address komputer user yang sudah terinstall SoftPerfect Bandwidth Manager. Misalnya IP address klien adalah 192.168.1.121, seperti dibawah ini
 Klik Ok dan akan tampil seperti ini

Tanda bahwa Komputer User sudah terhubung dengan Komputer Server

Sampai tahap ini saya harap dapat dimengerti. Kita lanjut ke proses pengaturan managemen bandwidthnya. 
Tapi sebelumnya hal pertama kita lakukan adalah memberikan akses yang tidak terbatas (bebas) untuk jaringan LAN, karena digunakan untuk menghubungkan komputer kedalam suatu jaringan (seperti mengcopy data dari komputer lain, melakukan Print, atau untuk Billing). Maka dari itu kita harus membuat akses LAN menjadi Unlimited. Caranya Klik tombol "Add Rule",
 Akan keluar tampilan seperti ini :
 Pengisian nya seperti ini

  1. Isi : LAN
  2. Isi : Both
  3. Isi : Unlimited
  4. Pilih : TCP dan UDP
  5. Pilih : Any Interface

Lalu pilih tab "Source"
Pengisian nya seperti ini
  1. Pilih : Localhost
  2. Pilih : Any

Lalu Pilih tab "Destination"

 Pengisian nya seperti ini
  1. Pilih : Whole IP Range dan kita isi sesuai dengan LAN range yang kita miliki. Misalnya Range IP kita adalah 192.168.1.121 sampai 192.168.1.255, Seperti gambar
  2. Pilih : Any
Setelah itu klik "OK". Proses pemberian akses full control pada jaringan LAN telah selesai. 
Sekarang kita lanjut ke proses pengaturan managemen bandwidth untuk Internet. 
Seperti proses diatas Klik tombol "Add Rule",
 Akan keluar tampilan seperti ini :
Pengisiannya seperti ini
  1. Isi : Internet
  2. Isi : Both
  3. Isikan transfer rate yang ingin di berikan ke user, Kalau saya memberikan nilai 25000
  4. Pilih : TCP dan UDP
  5. Pilih : Any Interface

Lalu pilih tab "Source"
Pengisiannya seperti ini
  1. Pilih : Localhost
  2. Pilih : Any

Lalu Pilih tab "Destination"
Pengisian nya seperti ini 
  1. Pilih : Any IP Address
  2. Pilih : Any
Jika semua langkah-langkah dilakukan dengan benar, maka akan kelihatan seperti ini :
Jika semua proses telah benar, maka kita telah berhasil membagi bandwidth komputer user kita, sehingga tidak terjadi tarik - menarik atau  monopoli pemakaian bandwidth. 

Untuk instalasi ke komputer user yang lain, caranya sama mulai dari tahap instalasi Komputer user. tapi untuk penyetingan LAN dan bandwith untuk internet, saya akan memberikan cara termudah, agar tidak perlu berulang-ulang melakukan proses yang lama. Pertama setelah selesai sampai dengan tahap dibawah ini
 Kemudian kita lanjutkan proses seperti dibawah ini klik eksport seperti ini

Kemudian tentukan tempat kita untuk menyimpan dan beri nama file tersebut. Kemudian kita lanjutkan proses instalasi di komputer User yang lain, sampai selesai. Dan buka kembali Program SoftPerfect Bandwidth Managerdi Komputer server, isi kembali IP Address sesuai dengan IP Addres Komputer User
 Klik Ok dan akan tampil seperti ini
 Klik Import seperti ini
 Klik ganda file yang telah kita save tadi, jreeeeng maka akan tampil seperti ini

Jadi kita tidak perlu capek-capek mengulang proses untuk Komputer user laiinya.

Fiuuuuuuuh.... cukup panjang Tutorial yang saya buat. semoga dapat dipahami dan dimengerti.
Selamat mencoba :)





hehehe ini gan/sist serial numbernya, coz ternyata tetep trial
jadi setiap habis login ngisi di help, enter license
License name: Pierre MAUCLAIR
License code: HTWX5-VK37S-CK2MG-AZBJQ-5LLFC-9QYMN-9TQFT-3DSQ8-QTM7E-X2YAG



untuk melihat detail computer bisa dengan cara ini : klik disini
sumber blog sahabat yang diangkat kembali : disini


Artikel Terkait:

+ comments + 24 comments

28 September 2011 19.44

hanya berkunjung gan.......

30 September 2011 16.19

joos gan...... ikutan nyedooott ahhh... diizinin kagak gan ... hahahhaha

4 Oktober 2011 17.33

ane dah berkali" pake kek ginian gan
dan ahirnya sering banget trouble
kadang tetep aja sering jebol kalau dah pake IDM
:mewek
sekarang ane pake DU Super controller
:malus

23 Oktober 2011 18.01

bisa dicoba nih

24 Oktober 2011 17.32

@Aini Sastra monggo :-D

29 November 2011 21.08

gan ane mau nanya.. klo pc client ada 20,jadi kita harus intall di 20 pc progi untuk clinet gan..???

Anonim
15 Januari 2012 15.42

@IPRASADAKalo mo gampang instal aja di pc server/router nya. Coba intip di http://www.orangendonesia.blogspot.com/2012/01/membangun-pc-router-dengan-windows-xp.html

Anonim
15 Januari 2012 15.45

@Hayat DoangBetul gan jebol kalo pake IDM apalagi uTorrent. Tapi ane dapet postingan i http://www.orangendonesia.blogspot.com/2012/01/membangun-pc-router-dengan-windows-xp.html manjur banget solusinya

24 Januari 2012 09.19

wah gan thanks berat yah :D, berguna banget buat ane yang mau setting bandwidth di komputer kantor.

Anonim
6 Februari 2012 13.40

cara mangetahui software itu sudah bekerja dgn baik gmna gan penjelasanx kiri ke email saya ya gan
( darmannoey@yahoo.com )

Anonim
12 Februari 2012 01.53

klo program IDM ngaruh ga ...mohon tutornya

25 April 2012 11.47

ini mah salah settingan nya,, warnet ane ga pernah jebol pake IDM pun DL masih 30Kbps.... coz gw batesin 30000 tiap pc nya.. buat game ga pernh lag walopun ada yg DL pake IDM malahan gw sediain thu tiap PC dengan software IDM.. klo setting mending langsung login local host dan paling penting beli lan card lagi buat PC server.. murah kok cuma 15 - 25rebu... smoga berguna untuk sobat..jgn lupa mampir di blog baru ane ya.. salam sukses buat admin

8 Mei 2012 19.59

gan warnet sy pk speedy 2mbps 11 client,1 server. cara pembagiannya brapa2 gan???? mohon pencerahannya ya gan. thank sebelumya

3 Juli 2012 00.45

Yahh harus install di computer client :(
ada cara lain ga? yang tanpa harus install di computer client, biar teman2 yang datang online ke rumah bisa dibatasi bandwidth nya
[using wifi]

ameame
22 Agustus 2012 02.39

kalo pake cara ini client download pake IDM atau torrent tembus gan kadang kalo ada user iseng service softperfect bisa di kill...kalo cara ane cukup install softperfect di server gak perlu install di client dan di setting semua dari server. udah tested di warnet ane and terbukti pake torrent atau idm gak jebol limit downloadnya.

2 November 2012 19.19

Hai. aku juga punya materi yang berhubungan dengan bandwidth. kunjungi saja di. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2572/1/168.pdf

18 Februari 2013 13.31

apa bisa di terapkan di jaringan wifi/hostspot, mohon pencerahannya gan

25 Februari 2013 17.36

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Bandwith Management, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2572/1/168.pdf
Semoga bermanfaat!

4 Maret 2013 08.52

thanks ilmunya gan

23 Juli 2013 12.05

mas. gmn cara set atou pisah kan kecepatan donwload dan uploud
saya mau nya download nya di batasi 25Kbps
tp utk upluad lbh besar ato unlimited

thanks

13 Agustus 2013 15.28

nice info gan jangan lupa mampir ke http://malvinshared.blogspot.com buat download game android

Anonim
28 Agustus 2013 11.20

hidup squid

15 Oktober 2013 21.08

Mantap abiss :)

26 Oktober 2013 14.40

Males ... gak praktis , Firewalll di semua PC / Laptop harus dimatikan dulu , sama aja boong , Komputer Sekertaris Selingkuhan Boss saya harus didisable dulu firewallnya

Poskan Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Jgn lupa corat coretnya gan/sist

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes