25 Februari 2015

Batu Kalimaya, Ciri Asli dan Manfaat

Batu Kalimaya cara membedakan asli atau palsuBatu Kalimaya, jenis batuan ini sangat populer ditahun 2015. Batuan ini bisa dikategorikan menjadi Batu Permata yang sangat mahal harganya, jenis permata yang berasal dari Banten ini banyak diburu oleh para kolektor. Batu Kalimaya ini di pasaran Internasional dikenal dengan sebutan Black Opal dengan harga yang sangat tinggi maka dari itu banyak sekali para kolektor yang berburu langsung ke daerah asalnya yaitu Banten untuk mendapatkan batu dengan kualitas terbaik.

Batu Kalimaya Mahal dari banten
Ciri Batu Kalimaya Asli sebenarnya sedikit mirip dengan Batu Bacan yaitu jika dibakar tidak meleleh sedangkan ciri kalimaya palsu juga bisa kita lihat dari keberadaan serat yang terletak di dalam bebatuan alam. Pembeli harus teliti untuk membedakan Batu Kalimaya Asli atau Palsu dipasaran karena produk asli memang merupakan batuan alam yang memiliki nilai seni tinggi dan memberikan manfaat untuk sang pemakai.

Bongkahan batu kalimaya termahalBanyak cara untuk membedakan Batu Kalimaya yang mempunyai kualitas bagus dan yang sintetis (buatan). Membedakan batu kalimaya palsu bisa kita lihat juga dari warna yang mudah berubah saat terkena minyak atau cat. Batuan alam memiliki daya tahan terhadap penetrasi bahan kimia misalnya cat tidak akan menempel di batu kalimaya asli. Ada hal penting yang harus kita perhatikan untuk mencoba melihat keistimewaan ciri-ciri kalimaya (opal) dengan cara cepat, agar bisa membedakan batuan asli dan batuan buatan (palsu).

Membedakan Kalimaya Asli atau Palsu
  1. Pembakaran, batu kalimaya tahan terhadap api dan cepat dingin untuk membutikanya bisa dilakukan dengan menggunkan korek api.
  2. Kotoran, sifat batuan berharga adalah tahan terhadap bahan kimia misalnya cat atau minyak untuk pembuktian bisa menggunakan cat yang ditempelkan di batu kalimaya maka jika diusap tidak akan menimbulkan bekas.
  3. Serat Batu, batuan buatan yang terbuat dari bahan sintetis palsu tidak memiliki serat sehingga bila kita lihat sangat bening.
  4. Berat Batu, karakteristik kalimaya memiliki berat namun untuk ciri-ciri batu palsu tidak meimiliki berat sehingga terasa ringan.
Khasiat dan Manfaat Batu Kalimaya
Beberapa orang membeli batu terkadang hanya untuk hiasan atau hanya sekedar koleksi karena keindahannya saja tetapi banyak juga orang yang membeli Batu Kalimaya karena khasiat atau manfaatnya. Banyak pecinta batu akik yang menilai jika batu kalimaya memiliki manfaat dan khasiat khusus diantaranya adalah jika memiliki batu kalimaya tersebut mereka percaya kalau hidupnya akan lebih bahagia, ada juga yang percaya jika sang pemilik batu dalam keadaan sedih maka batu kalimaya yang dimilikinya tidak begitu bersinar, dan sebaliknya jika batu kalimaya bersinar terang maka sang pemilik sedang merasa gembira atau senang.

Artikel Terkait

8 komentar

gila,bagus banget btunya bro.Kalo batu lain gimana

batu kalimaya pasti mahal bngt tuh hargany dliat dr manfaatny

Ada diartikel sebelumnya jenis batu akik yang lainnya mas.. :)

Iya gan.. kalau yang asli bisa sampai puluhan sampai ratusan juta.. :)

sekarang lagi booming tentang batu ya.. kayanya di Aceh ada yang nemu batu giok raksasa.. :D

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon