13 Oktober 2011

Klik Label Yang Tampil Judul Posting Saja

Klik Untuk Memperbesar

Ketika orang mengunjungi blog kamu dan meng-klik sebuah label (kategori) yang ia inginkan, maka akan tampil posting-posting yang mempunyai label tertentu (ex : Tutor BLog) tersebut. Berapa kali kamu mem-posting dengan label "Tutor BLog", sejumlah itu pula posting yang akan tampil. Coba bayangkan jika satu posting tentang Tutor BLog memiliki uraian yang lumayan panjang, setelah ditotalkan jumlahnya ada 25 posting. Dan belum tentu pula posting pada urutan pertama, kedua, atau ketiga yang menjadi target pencarian pengunjung blog kamu. Betapa bete-nya ia, karena harus bermain dengan scrool mouse untuk mencari posting yang dia inginkan, namun belum ketemu juga. Di samping itu semakin banyak posting yang ditampilkan, maka akan berpengaruh pula dengan waktu loading suatu blog. Sudah bete karena posting belum ketemu, ditambah loadingnya lama, jadi sama dengan 2x bete dong.

Seharusnya blog kamu memiliki navigasi yang user friendly, sehingga memudahkan pengunjung untuk meng-eksplore isi blog. Alangkah lebih efesiennya jika pengunjung meng-klik sebuah label, maka yang tampil adalah judul posting saja (mirip daftar isi). Kemudian dengan suka-cita pengunjung tersebut akan memilih, judul mana yang nantinya akan menampilkan isi posting sesuai dengan keinginannya. Nah, ini baru enak...

Setelah segala tetek bengek di atas, OB akan langsung membawa kamu ke trik blogger tentang bagaimana menampilkan judul posting saja ketika pengunjung meng-klik sebuah label :

  • Login dulu ke account blogger kamu.
  • Pilih tab Tata Letak --> Edit HTML --> centang "Expand Template Widget".
Tips : Sebelum melakukan edit template, sebaiknya simpan dulu template kamu yang ada dengan meng-klik tulisan Download Template Lengkap. Kemudian simpan dalam harddisk atau media penyimpanan lainnya, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kamu sudah memiliki back-up untuk mengembalikannya seperti semula.

  • Cari kode di bawah ini :
 <!-- posts -->
<div class='blog-posts hfeed'>

<b:include data='top' name='status-message'/>
<data:adStart/>
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:if cond='data:post.dateHeader'>
<h2 class='date-header'><data:post.dateHeader/></h2>
</b:if>
<b:include data='post' name='post'/>



Tips : Kalau susah mencarinya, coba tekan tombol F3 di keyboard. Maka akan timbul menu toolbar pencarian di bawah browser (Firefox), sehingga kamu tinggal memasukkan kata yang ingin dicari.

  • Ganti semua kode yang berwarna merah dengan kode berikut :
<b:if cond='data:blog.homepageUrl !=
data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'>
<data:post.title/></a><br/><br/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
Jangan lupa disimpan (^_^), sangat mudah bukan, klo masih penasaran mau lihat contohnya bisa di coba klik di Baca Juga (Index) di sebelah kanan postingan ini.

good luck semoga berhasil friend

Artikel Terkait

1 komentar so far

kok gak bisa ya???
gimana sih?? masih bingung !!! :((

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon